Popular Post

Posted by : Unknown Senin, 30 Juni 2014

PENGERTIAN ADVERTORIAL

Advertorial merupakan bentuk perkawinan antara advertising dan editorial. Advertising tak asing adalah iklan, yang berarti penyajian materi persuasif pada public dengan menggunakan sarana berupa ruang atau waktu di media massa yang dibeli untuk mempromosikan produk, jasa, atau gagasan. Sementara editorial adalah pernyataan tentang opini yang merupakan sikap resmi dari redaksi.

Advertorial adalah bentuk periklanan yang disajikan dengan penulisan gaya jurnalistik berarti menggunakan pola enam unsur berita, yakni 5W+1H.

JENIS DAN SIFAT ADVERTORIAL
JENIS
Advertorial Produk advertorial ini banyak menyajikan pembahasan mengenai produk yang akan dipasarkan atau yang telah berada ditengah tengah masyarakat. Topik pembahasan bisa tentang merk, jenis, kualitas, keberadaan dan lain yang berkaitan dengan produk.

Advertorial Jasa advertorial ini menyajikan pembahasan mengenai jasa yang ditawarkan pada khalayak.

Advertorial Korporat advertorial ini menyajikan pembahasan mengenai eksistensi suatu perusahaan, baik swasta maupun pemerintah.

Advertorial Pemerintahan Advertorial ini menyajikan pembahasan mengenai aktivitas diseputar pemerintahan. Topik pembahasannya bisa mengenai potensi investasi berbagai bidang, pariwisata atau keberhasilan yang telah diraih oleh pemerintah yang bersangkutan.

SIFAT
Informatif bersifat memberitahukan, menginformasikan, atau memperkenalkan produk, jasa, kegiatan dan lain-lain yang ditawarkan.

Eksplanatif dalam penyajian lebih banyak menguraikan dan menjelaskan daripada mengungkapkan produk atua jasa secara langsung.

Interpretatif menyajikan gabungan antara informasi produk, jasa atau kegiatan dengan interpretasi.

Persuasif membujuk khalayak untuk mengambil tindakan atau membentuk pendapat umum.

Influentatif kebalikan dari persuasif berusaha membujuk tanpa ada nada paksaan.

Memuji merupakan kelanjutan dari jenis advertorial persuasif influentatif, artinya pesan-pesan yang disampaikan lebih banyak yang memberikan pujian pada khalayak yang telah terbujuk dan terdorong untuk melakukan tindakan.

Argumentatif bersifat membuktikan sesuatu.

Eksploratif bersifat mengangkat dan mengungkapkan permasalahan yang dihadapi khalayak dalam penyajiannya.

FUNGSI DAN TUJUAN ADVERTORIAL
Adevtorial yang ditulis disurat kabar, majalah atau tabloid berfungsi sebagai pendamping sekaligus sebagai penerjemah dan penafsir iklan. Sementara penyajian informasi dan pesan-pesan dalam iklan kerap hanya sepotong sepotong dan terkadang sulit dipahami oleh khalayak.

 ANATOMI ADVERTORIAL
Advertorial merupakan iklan dalam bentuk pemberitahuan, maka dalam penyajiannya menggunakan tekhnik penulisan yang lazim digunakan didunia-dunia jurnalistik, yakni Straigh News dan Deph News atau Feature. Straigh news dan Deph news harus sesuai aturan dalam penulisan 5W+1H struktur piramida terbalik.



 PIRAMIDA TERBALIK





TEKHNIK ADVERTORIAL
Penulisan advertorial biasanya dilakukan dengan kerjasama. bisa bekerjasama antara sesama kalangan PR misal : mencari gagasan mengenai hal-hal apa saja yang akan dituangkan dalam advertorial.

PERSIAPAN PENULISAN (prewriting)
yaitu : pencarian ide atau gagasan, menguji ide, memilih topik, pengumpulan data, membuat kerangka karangan.

Pelaksanaan penulisan (writing)
yaitu : membuka intro, membuat tubuh dan membuat penutup.

Perbaikan (editing)
Attention (perhatian) apakah pesan yang disampaikan dapat membangkitkan minat khalayak
Need (kebutuhan) apakah pesan yang disampaikan telah menunjukan kebutuhan
Satisfaction (pemuasan) yakni isi pesan yang disampaikan menunjukan bagaimana cara memuaskan kebutuhan tersebut.
Visualisazion (penggambaran) apakah isi pesan yang disampaikan memberikan penggambaran bagaimana cara memenuhi kebutuhan tersebut.
Action (anjuran tindakan) pesan yang disampaikan memperlihatkan bagaimana tindakan yang dianjurkan agar dapat memenuhi dan memuaskan kebutuhan tersebut.

MENETAPKAN JUDUL
Judul penulisan advertorial dibuat dengan gaya penyampaian provokatif, provokatif yaitu mampu menarik perhatian yakni meyakinkan khalayak untuk mengetahui isi pesan yang disampaikan, mampu membangkitkan minat yakni meyakinkan khalayak berfikir bahwa isi karangan bermanfaat bagi dirinya, mampu menggugah perasaan yakni membangkitkan keinginana khalayak untuk membaca keseluruhan isi tulisan.




{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Referensinya dr buku apa aja ya? Lg nyari buku ttg advertorial nih

    BalasHapus

- Copyright © My Blogger - Powered by Blogger - Designed by Putri Wulandari -